Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2023

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2023
Beasiswa Unggulan Tahun 2023

Guru
madrasah.com - Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah program beasiswa yang bertujuan untuk memberikan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia.

Beasiswa Unggulan terdiri dari progra beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Beasiswa bergelar terdiri dari jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi masyarakat berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek yang akan mendaftar atau yang sedang melaksanakan studi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di bawah binaan Kemendikbudristek.

Beasiswa Unggulan telah memberikan pelayanan dalam pemberian biaya pendidikan dimulai sejak tahun 2006 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-17. Untuk memberikan pelayanan dan menjamin mutu pelaksanaan Beasiswa Unggulan menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam proses pendaftaran, maka Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyusun Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan bagi masyarakat berprestasi di segala bidang, terutama calon mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa aktif maksimal semester 3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan bagi pelamar umum.

Beasiswa yang ditawarkan ditujukan untuk program gelar S1, S2, dan S3. Bila Anda saat ini telah diterima di perguruan tinggi dalam negeri dengan akreditasi perguruan tinggi minimal B, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini sayang untuk dilewatkan. Begitupun dengan Anda yang sudah berstatus mahasiswa aktif dan maksimal semester 3, Anda juga bisa mendaftar. Jadi, pelamar bisa berasal dari mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going).

Beasiswa yang diberikan untuk program gelar S1, S2, dan S3 meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku.

Dokumen aplikasi S1, S2, S3

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going).
  3. Surat Penerimaan/Keterangan Lulus/LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi.
  4. Surat Keterangan Aktif Kuliah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi (Unduh).
  5. Kartu Hasil Studi (KHS) semester 1 dan 2 (khusus On-Going).
  6. Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
  7. Sertifikat Bahasa Indonesia untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek.
  8. Sertifikat Bahasa Inggris untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri.
  9. Rencana studi bagi program magister.
  10. Proposal penelitian disertasi bagi program doktor.
  11. Surat rekomendasi dari akademisi atau institusi terkait (Unduh).
  12. Surat pernyataan pendaftar Beasiswa Unggulan (Unduh).

Pendaftaran

Pelamar yang berminat mengajukan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk jenjang S1, S2, dan S3 dapat mendaftar secara online mulai 3 s/d 17 Agustus 2023. Lakukan pendaftaran di laman: beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Buat akun terlebih dahulu. Kemudian konfimasi via email. Setelah terdaftar silakan login. Berikutnya unggah dokumen aplikasi beasiswa yang diminta sesuai tertera di atas. Pendaftaran Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2023 untuk program gelar ini dibuka mulai 3 Agustus 2023. Pemberitahuan hasil seleksi akan disampaikan melalui email dan akun masing-masing pelamar. Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar Beasiswa Unggulan 2023 ini, kesempatan untuk segera mendaftar.

Jadwal Beasiswa Unggulan

  • Pendaftaran Beasiswa Unggulan: 03 s.d. 17 Agustus 2023
  • Seleksi Tahap I: 18 s.d. 22 Agustus 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I: 23 Agustus 2023
  • Seleksi Tahap II: 04 s.d. 12 September 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II: 18 September 2023
  • Pembekalan dan Penjelasan Teknis Penanda tanganan Kontrak: 21 s.d. 30 September 2023

Kontak

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI
Gedung C Lantai 13, Jl. Jenderal Sudirman
Senayan, Jakarta Pusat 10270
[w] https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Demikian informasi mengenai beasiswa unggulan masyarakat berprestasi dari Kemendikbud. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

No comments for "Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2023"

Artikel Terkini