Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Pendidikan Tinggi Tahun 2024

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024
Pedoman LIDM Mahasiswa 2024

Guru
madrasah.com - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Republik Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Ke-5 Tahun 2024 (LIDM-05/2024). Penyelenggaraan kegiatan LIDM-05/2024 Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemdikbud Ristek-RI menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi tuan rumah.

LIDM-05/2024 ditujukan secara umum untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa. Tujuan khusus LIDM-05/2024 adalah mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. Sebagaimana pada tahun sebelumnya, LIDM-05/2024 memperlombakan 5 (lima) divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran, yaitu terdiri dari:

1) Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDV);
2) Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP);
3) Divisi Video Digital Pendidikan (VDP);
4) Divisi Poster Digital Pendidikan (PDV), dan
5) Divisi Microteaching Digital (MD).

Perkembangan dunia digital saat ini menunjukkan situasi dimana masyarakat sudah mulai menggunakan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan. Masyarakat menggunakan uang digital (e-money) atau M-Banking untuk aktivitas perekonomian seperti belanja online. Bahkan di era pandemi, masyarakat melakukan pekerjaan di rumah (work from home) memanfaatkan teknologi digital seperti absensi, dokumen digital, dan tanda tangan digital. Tak terkecuali bidang pendidikan yang bertransformasi memanfaatkan teknologi digital dalam penyelenggaraan pendidikan maupun pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pendidikan/pembelajaran. Teknologi dalam pendidikan dapat digunakan diantaranya: 1) sebagai alat bantu untuk administrasi sekolah seperti penggunaan sistem informasi manajemen sekolah, dan sebagainya; 2) sebagai alat bantu pembelajaran seperti media pembelajaran atau sarana penyampaian materi, dan lain sebagainya.

Pendidikan menjadi kunci untuk membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi agar kehidupannya menjadi optimal. Penerapan inovasi digital pendidikan, inovasi pembelajaran digital, pengembangan video digital dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, pengembangan poster sebagai media/sarana bagai gerakan kepedulian, dan peningkatan pedagogik melalui penerapan teknologi digital merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan agar manusia dapat memahami dan terampil dalam memberdayakan dan mendayagunakan teknologi untuk mendukung setiap pelaksanaan tugasnya.

Sejalan dengan hal tersebut diatas, kebijakan pendidikan nasional Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) mendorong pendidikan dan pembelajaran di semua jenjang pendidikan untuk lebih memberikan perhatian pada percepatan pencapaian kompetensi Abad-21 generasi muda bangsa untuk siap bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 dan turut berkontribusi dalam meraih hasil-hasil gemilang tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG’s). Melalui ajang kompetisi talenta nasional Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ke-5 Tahun 2024 (LIDM-05/2024) diharapkan mahasiswa Indonesia berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia berkelanjutan (ESD) melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang di dunia pendidikan. Dengan demikian, LIDM-05/2024 mengusung tema “Literasi digital untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia pendidik sebagai talenta nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru”.

Berkas Unduhan



× BACA DULU!
Mohon maaf jika ada pembatasan akses beberapa file google drive di web ini, dan saat ini kami belum bisa memberikan aksesnya. Terima kasih atas kunjungannya di blog Guru Madrasah.
Tags: DownloadInfo LombaJuknis
Next Post Previous Post
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code