Bantuan Dana Penelitian untuk Mahasiswa S1 dari Indofood Riset Nugraha Tahun 2024, Deadline 21 Oktober 2024

Bantuan Dana Penelitian untuk Mahasiswa S1 dari Indofood Riset Nugraha Tahun 2024, Deadline 21 Oktober 2024
Indofood Riset Nugraha 2024

Guru
madrasah.com - Bagi anda yang saat ini ada rencana untuk membuat skripsi tapi butuh dana untuk risetnya maka solusinya adalah dengan mengajukan kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) yang saat ini sedang membuka Program Indofood Riset Nugraha Periode 2024-2025. Program ini dibuka untuk mahasiswa S1 seluruh Indonesia. Berikut informasi selengkapnya yang kami sadur dari indbeasiswa.com.

Bantuan Dana Riset untuk Mahasiswa S1 dari Indofood Riset Nugraha

Apa itu Indofood Riset Nugraha?

Indofood Riset nugraha (IRN) merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indofood yang dipimpin oleh seorang pejabat tingkat Direktur yang disebut sebagai Ketua Program IRN.

Tujuan program ini adalah memberikan dana bantuan penelitian kepada mahasiswa S1 untuk melakukan penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhirnya. Tujuan lainnya yaitu untuk memberikan pelatihan dan pembimbingan tentang metodologi penelitian kepada calon peserta dan peserta IRN serta menumbuhkembangkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam penelitian ilmiah yang unggul atau berkualitas.

Dengan demikian, program IRN dirancang untuk berkontribusi pada pembinaan peneliti unggul, khususnya di bidang pangan sesuai dengan tema dan fokus komoditas IRN, mampu melakukan penelitian yang berkualitas, dan mampu memublikasikan hasilnya pada jurnal ilmiah.
 

Tema Umum

Indofood Riset Nugraha menerima proposal dengan tema umum yaitu “upaya mewujudkan penganekaragaman pangan, pengembangan nilai tambah produk pangan berbasis komoditas lokal, untuk menunjang pembangunan ketahanan pangan Nasional”.

Tema Khusus Tahun 2024

Penelitian Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal
 

Cakupan Bidang Penelitian

  1. Bidang penelitian yang diusulkan dapat disesuaikan dengan berbagai bidang atau disiplin ilmu mahasiswa, meliputi :
  2. Bidang Teknologi Pangan
  3. Bidang Gizi Masyarakat
  4. Bidang Budidaya Pertanian
  5. Bidang Peternakan
  6. Bidang Perikanan dan Sumber Daya Kelautan
  7. Bidang Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Pemasaran
  8. Bidang Teknologi (Teknologi Produksi, Pengolahan, Pengemasan, Permesinan, termasuk Teknologi Informasi dan Teknologi Pemasaran)
 

Komoditas yang Diteliti

Komoditas yang dapat menjadi pilihan untuk diteliti pada penelitian IRN ini adalah aneka komoditas lokal/daerah potensial yang berdasarkan pada kearifan lokal dan/atau berdasarkan pustaka mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai pangan fungsional.

Komoditas lokal itu bisa mencakup biji-bijian (gandum, jagung, sorgum, dll), umbi-umbian (ubi jalar, singkong, garut/ganyong, kentang, dll), pangan hewani (daging, unggas, susu, dll), ikan dan aneka kekayaan air dan laut, serangga, rempah-rempah, dan lain-lain.
 

Keuntungan

  1. Para peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan dana penelitian disesuaikan dengan usulan peserta dan kebutuhan penelitian
  2. Coaching Clinic
    • Memberikan pemahaman tambahan tentang filosofi dan metodologi penelitian kepada calon peserta dalam rangka sosialisasi program. Hal ini dilakukan di daerah/kota tertentu dengan maksud ‘menyamakan standar’ pemahaman dengan daerah/kota lainnya yang dinilai sudah lebih maju;
    • Memberikan pendalaman yang lebih praktikal, teknikal dan konsultasi langsung kepada Peserta tentang proses penelitian yang khas dan khusus IRN. Pola ini diberikan saat IRN Camp.
  3. IRN Camp untuk pengenalan bisnis Indofood, konsultasi praksis dan teknis tentang filosofi, metodologi, dan kewajiban lain terkait program Indofood Riset Nugraha.

Persyaratan

  1. Merupakan mahasiswa S1 PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Perorangan (bukan kelompok) dan sedang dalam tahap penyelesaian skripsi/tugas akhir.
  2. Tema penelitian sesuai dengan yang diinformasikan di atas.
  3. Fokus dan komoditas yang diteliti sesuai yang dianjurkan/yang disebutkan di atas, atau bahan pangan lokal/di daerah asal pengusul.
  4. Penelitian dilakukan sesuai dengan bidang penelitian/bidang studi pengusul.
  5. Penelitian yang diajukan dalam proposal harus dalam rangka penyelesaian tugas akhir/skripsi.
  6. Penelitian yang diajukan dalam proposal bukan merupakan penelitian yang sudah atau sedang dilakukan.
  7. Jangka waktu penelitian paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak proposal dinyatakan diterima untuk didanai (penandatanganan kontrak dengan PT Indofood).
  8. Penelitian dilakukan dalam wilayah Republik Indonesia.
  9. Proposal awal menyertakan pula riwayat hidup lengkap Peneliti dan Dosen Pembimbing yaitu nama, NPM/NIM, jenis kelamin, alamat lengkap, nomor telepon/HP, faksimile dan email.
  10. Proposal yang diajukan wajib diberi halaman sampul berwarna biru (Lampiran 1) dan dilengkapi dengan persetujuan Dosen Pembimbing dan Dekan Fakultas, di atas cap Lembaga (PTN/PTS/Fakultas) yang dicantumkan pada Halaman Pengesahan (Lampiran 2) dan Surat Pernyataan Peserta (Lampiran 3) (DOWNLOAD BUKU PANDUAN DAN FORMAT SURAT/LAMPIRAN).
 

Cara Mendaftar

Informasi pendaftaran Program Indofood Riset Nugraha akan segera diupdate pada halaman ini, atau anda dapat mengikuti informasi resminya pada akun Instagram @synergy.irn.
Batas waktu pengiriman proposal sampai dengan 21 OKTOBER 2024.
 

Kontak

Panitia Indofood Riset Nugraha
Phone : 021 – 5795 8822 (ext. 1185) atau 081295504329
Email: indofoodrisetnugraha.indofood@indofood.co.id
terry.kumokong@indofood.co.id
Sumber Informasi: Instagram @synergy.irn dari indbeasiswa.com

Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code