Memperingati Hari Guru Nasional, Kemendikbudristek Akan Mengadakan Jambore GTK Hebat 2024

Jambore GTK Hebat 2024
Jambore GTK Hebat 2024

Guru
madrasah.com - Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) akan mengadakan Jambore GTK Hebat 2024.

Jambore GTK Hebat merupakan kegiatan yang diselenggarakan Ditjen GTK dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2024.

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk penghargaan Kemendikbudristek bagi para Guru dan Tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia.

Yaitu mereka yang telah berinovasi dan mendedikasikan diri untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kemudian juga ada penghargaan yang akan diberikan kepada komunitas belajar yang inspiratif dalam usaha meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.

Penyelenggaraan kegiatan Jambore GTK Hebat merujuk tema Hari Guru Nasional Tahun 2024, yaitu Guru Hebat, Indonesia Maju.

Jambore GTK Hebat dilaksanakan dengan tujuan antara lain:
  1. Memantik proses belajar antar sesama guru dan tenaga kependidikan untuk saling menginspirasi satu sama lain
  2. Memberikan penghargaan dan pengakuan kepada guru dan tenaga kependidikan yang telah berinovasi dalam proses pembelajaran serta berkontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan.
  3. Memberikan penghargaan kepada komunitas belajar inspiratif dalam meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan
  4. Menjadi sarana pertemuan yang menyenangkan antara Guru dan Tenaga Kependidikan dari berbagai daerah yang berprestasi dengan para pemangku kepentingan pendidikan tingkat nasional

Penyelenggaraan Jambore GTK Hebat 2024 akan dilaksanakan dengan 6 prinsip, yaitu:

1.Autentik

Portofolio peserta merupakan karya asli Guru dan Tenaga Kependidikan berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan.

2.Kolaboratif

Dapat memantik proses belajar secara kolektif sebagai komunitas untuk peningkatan kompetensi Guru dan tenaga kependidikan.

3.Berbagi

Mendorong Guru dan Tenaga Kependidikan untuk menyebarkan praktik baiknya kepada rekan sejawat dan masyarakat.

4.Bermakna

Membangun proses belajar yang reflektif dan relevan sesuai tugas Guru dan Tenaga Kependidikan serta mendapatkan solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran.

5.Menyenangkan

Praktik baik Guru dan Tenaga Kependidikan mampu membuat pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik.

6.Berdampak dan Berkelanjutan

Memfasilitasi Guru dan Tenaga Kependidikan untuk menyebarkan praktik baiknya sehingga memberikan dampak luas dan berkelanjutan.


Terdapat 3 kategori pada Jambore GTK Hebat 2024:

1.GTK Inovatif

Kategori ini diperuntukkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang melakukan upaya pembaharuan strategi, inovasi, berbagi dan berkolaborasi dengan menggunakan teknologi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Tentunya yang sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsi Guru dan Tenaga Kependidikan serta membudayakan refleksi dan evaluasi untuk melakukan transformasi secara berkelanjutan.

2.GTK Dedikatif

Kategori ini diperuntukkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu dan mengabdikan diri secara konsisten dalam melaksanakan tugasnya yang berdampak pada kemajuan pendidikan.

GTK Dedikatif selalu siap menghadapi tantangan dan tangguh dalam mengatasi kesulitan dalam pendidikan yang berorientasi kepada peserta didik dengan atau tanpa memanfaatkan teknologi.

3.Komunitas Belajar Inspiratif

Kategori untuk komunitas belajar pada satuan pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai fokus belajar dan membudayakan kolaborasi.

Kemudian juga tanggung jawab kolektif dan berkontribusi pada peningkatan kompetensi guru dan perbaikan kualitas pembelajaran peserta didik.

Untuk informasi selanjutnya bisa dilihat DISINI .
Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code