Notifications
General

Pedoman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-37 Tahun 2024

PIMNAS 2024 Guru madrasah.com - Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan produk intelektual mahasiswa, Kementerian Pendidikan, …

Pedoman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-37 Tahun 2024
PIMNAS 2024
Guru
madrasah.com - Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan produk intelektual mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbdudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) berkomitmen untuk mewadahi kreativitas dan produk intelektual para mahasiswa se-Indonesia dengan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023.

PIMNAS ke-36 tahun 2023 merupakan tindak lanjut dari Program Kreativitas Mahasiswa yang berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Melalui PIMNAS mahasiswa diharapkan siap menjawab tantangan kebutuhan zaman melalui riset dan inovasi secara berkesinambungan, agar mampu menghadirkan karya yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat secara berkelanjutan, hal ini merupakan bagian penting dalam upaya kita untuk mewujudkan ekosistem riset dan inovasi yang dinamis dan inklusif.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan program Dir. Belmawa Ditjen Dikti-Ristek dan Dir. APTV Ditjen Diksi. Dimulai tahun 2020 Badan Penelusuran Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional yang sebelumnya diselenggarakan oleh Dir. Belmawa Ditjen Dikti-Ristek, menyelenggarakan wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil PKM dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing. Pada tahun 2023, kegiatan PIMNAS kembali dilaksanakan secara luring seperti tahun-tahun sebelum pandemi covid-19.

Harapannya mahasiswa lebih dapat menunjukkan level tertinggi kreativitas, kemanfaatan produk intelektualnya dan dapat berdiskusi secara terbuka antar mahasiswa dan para ahli di bidangnya. Tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja akademik di kemudian hari. Disamping itu selain ajang silahturahmi antar mahasiswa, masukan hasil diskusi dengan tim juri akan lebih menambah hasil kerja kreatif dan inovatif dapat terpotret dengan sangat baik.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. Pada PIMNAS tahun ini telah ditetapkan Universitas Pajajaran (UNPAD) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke-36 tahun 2023.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan PIMNAS adalah:
  1. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia;
  2. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah;
  3. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembanganilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat;
  5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi;
  6. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektual-nya padasuatu forum ilmiah;
  7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI;
  8. Sebagai sarana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
  9. Sebagai sarana penelusuran talenta mahasiswa.

Peserta

Peserta utama PIMNAS adalah mahasiswa aktif Perguruan Tinggi di Indonesia yang karya PKM-nya dinyatakan layak untuk dipresentasikan dalam PIMNAS. Proses sebagai peserta kompetisi PIMNAS diawali dengan pengajuan proposal PKM, lolos seleksi didanai, melaksanakan PKM-nya, mengikuti PKP2 dan memenuhi syarat yang sudah ditentukan, pada tahun anggaran 2023.

Penetapan Peserta PIMNAS berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penilai dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu. Hasil penilaian oleh tim penilai dengan kriteria nilai tertentu kemudian diusulkan kepada Pusprenas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sebagai peserta PIMNAS.

Download Pedoman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-37 Tahun 2024

Selengkapnya mengenai Pedoman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-37 Tahun 2024 ini dapat diunduh DISINI.




× MOHON DIBACA DULU!
Mohon maaf jika ada pembatasan akses beberapa file google drive di web ini, dan saat ini kami belum bisa memberikan aksesnya. Terima kasih atas kunjungannya di blog Guru Madrasah.

Post a Comment
Kembali ke atas