Peserta Piloting PPG Harus Tahu, Ini Ketentuan Pembuatan Jurnal Pembelajaran Agar Tidak Gagal Saat Validasi

Peserta Piloting PPG Harus Tahu, Ini Ketentuan Pembuatan Jurnal Pembelajaran Agar Tidak Gagal Saat Validasi
PPG Daljab 2024

Guru
madrasah.com- Dalam kegiatan pembelajaran piloting guru tertentu daljab tahun 2024, pembuatan jurnal pembelajaran menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Karena di setiap modul harus melakukan upload jurnal untuk divalidasi agar bisa mengikuti UKPPPG yang dilaksanakan di akhir pembelajaran.

Pembuatan jurnal pembelajaran adalah hal penting yang harus dikerjakan oleh peserta piloting PPG sebagai tugas akhir pada modul yang dipelajarinya.

Untuk itu peserta piloting wajib mengetahui apa saja ketentuan dalam membuat jurnal pembelajaran agar bisa tervalidasi oleh penelaah.

Untuk menghindari kegagalan validasi, dalam mengerjakan jurnal sangat disarankan menggunakan Ms.Word atau google Docs lalu simpan menggunakan format PDF.

Karena selain format tersebut akan sulit terbaca oleh sistem, seperti aplikasi canva atau lainnya yang disimpan di PDF. berikut adalah cara upload jurnal pembelajaran di PMM seperti yang kami kutip dari melintas.id.

Tata cara mengupload jurnal pembelajaran di PMM adalah sebagai berikut:
  1. Pilihlah jurnal pembelajaran yang akan dikerjakan
  2. Baca petunjuk pengerjaan jurnal pembelajaran, klil mulai untuk melanjutkan
  3. Unggah jurnal pembelajaran, beri judul dan masukan deskripsi.
  4. Masih dalam halaman yang sama, tuliskan refleksi pembelajaran dan centang konfirmasiyang dibutuhkan.
  5. Klik simpan sebagai draft , klik kumpulkan untuk melanjutkan proses berikutnya. Dengan catatan untuk klik kumpulkan, jangan lupa koreksi lagi apakah dokumen sudah sesuai karena unggahan tidak bisa diperbaiki lagi.
  6. Klik kumpulkan setelah Anda merasa yakin jika jurnal pembelajaran sudah sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dalam pembuatan pastikan tidak melakukan plagiat pekerjaan orang lain, dan dikerjakan sesuai dengan panduan. Membuat refleksi pada jurnal minimal 300 kata dan tidak ada unsur kemiripan yang ditemukan pada jurnal tersebut.
  7. Setelah mengunggah jurnal Anda akan mendapatkan info di PMM ”menunggu hasil validasi”. Hasil validasi akan keluar maksimal 3 hari setelah jurnal pembelajaran diunggah dan dikumpulkan.
  8. Apabila jurnal pembelajaran sudah divalidasi dan dinyatakan gagal, Anda bisa melakukan perbaikan dengan klik”Butuh perbaikan refleksi Pembelajaran”.

Bagaimana jika sudah mengerjakan jurnal pembelajaran sesuai dengan ketentuan tetapi hasilnya gagal.

Anda bisa meminta tolong ke pusat bantuan di laman https://bit.ly/pusatinformasisertifikasipendidik agar bisa melakukan pengecekan lebih lanjut.

Dengan memahami ketentuan membuat dan mengupload jurnal pembelajaran, peserta pilotong PPG akan lebih mudah menyelesaikan tugasnya.

Karena pembuatan jurnal pada dasarnya sesuai dengan materi yang dipelajari pada setiap modulnya.

Selamat mengerjakan tugas dengan baik bagi guru tertentu, dan mendapatkan nilai terbaik sebagai guru profesional.
Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code