Simak! Inilah Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa LPDP – Australia Awards Scholarship (AAS) Tahun 2024

Simak! Inilah Syarat dan cara Mendaftar Beasiswa LPDP – Australia Awards Scholarship (AAS) Tahun 2024
Ahmad Agus Setiawan (dok:australiaawardsindonesia.org)

Guru
madrasah.com - Pendaftaran beasiswa Pendidikan S2 ke Australia telah dibuka. Seluruh warga negara Indonesia berhak mengikutinya, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Neger Sipil (CPNS dan PNS).

Beasiswa co-funding (beasiswa kerjasama pendanaan) ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Australia Awards Scholarship (AAS).

Beasiswa LPDP – AAS memberi kesempatan peserta untuk mengambil program master dan belajar di bidang blue economy, green/renewable economy, dan digital/information technology.

Kuliah dengan beasiswa LPDP – AAS ini akan dilaksanakan di 22 perguruan tinggi bergengsi di Australia.

Sangat menarik, program beasiswa LPDP – AAS ini juga ditujukan bagi CPNS dan PNS. Mereka yang memenuhi syarat bisa mendaftar program ini, kecuali TNI dan Polri.

Skema beasiswa LPDP – AAS ini, meliputi:

  1. Program ini hanya ditujukan studi jenjang Master satu gelar (single degree). Masa studi 24 bulan.
  2. Program studi meliputi bidang blue economy, green/renewable economy, dan digital/information technology. Ini akan disesuaikan dengan daftar PT dan program studi yang ada.
  3. Proses pendaftaran dan seleksi harus melalui aplikasi pendaftaran LPDP. Selanjutnya Tim AAI akan mendaftarkan peserta pada Perguruan Tinggi Tujuan Studi Ketika sudah dinyatakan lulus seleksi.
  4. Tidak ada persyaratan untuk mengunggah dokumen LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan. Peserta bisa memilih 3 (tiga) universitas/prodi tujuan studi.

Syarat pendaftaran Beasiswa LPDP – AAS:

1. Warga Negara Indonesia

2. Sudah lulus program D4 atau S1

3. Yang sudah lulus S2 tidak diperkenankan daftar program beasiswa magister

4. Pendaftar lulusan luar negeri pada jenjang Pendidikan sebelumnya, harus melampirkan:
a. Hasil penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kemenag melalui https://diktis.kemenag.go .id/penyetaraanijazah/
b. Hasil konversi IPK dari Kemendikbudristek melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kemenag melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/

c. Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kemendikbudristek atau Kemenag bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit.

5. Pendaftar yang sedang menempuh studi, dapat mendaftar dengan ketentuan:

a. Mendaftar pada prodi dan/atau perguruan tinggu tujuan berbeda dengan yang sedang ditempuh
b. Pendaftar yang lulus seleksi substansi wajib membuat surat pengundurdirian dari perguruan tinggi/prodi yang sedang ditempuh, kemudian disampaikan kepada LPDP, selambat-lambatnya 2 minggu setelah lulus seleksi substansi.
c. Pendaftar wajib menyerahkan surat pemberhentian resmi dari prodi atau perguruan tinggi sebelum menandatangi surat pernyataan penerima beasiswa.
d. Pendaftar yang lulus seleksi substansi dan tidak memenuhi ketentuan di atas, LPDP berhak membatalkan status sebagai calon penerima beasiswa.
e. Pendaftar yang lulus dan menerima gelar sebelum pengumuman seleksi substansi, LPDP berhak membatalkan status sebagai penerima beasiswa.

6. . Pendaftar yang sedang menempuh studi dokter spesialis/dokter subspesialis boleh mendaftar program magister, dengan ketentuan:
a. . Pendaftar yang lulus seleksi substansi harus menyelesaikan jenjang studi sebelumnya yang tidak sama dengan pendaftaran ke LPDP, sebelum menandatangani surat pernyataan penerima beasiswa.
b. . Pendaftar harus menyerahkan ijazah/surat keterangan lulus dari perguruan tinggi jenjang studi sebelumnya, yang tidak sama dengan pendaftaran ke LPDP, sebelum menandatangani surat pernyataan penerima beasiswa.
c. Pendaftar yang lulus seleksi substansi dan tidak memenuhi ketentuan di atas, LPDP berhak membatalkan status sebagai calon penerima beasiswa apabila batas waktu yang ditetapkan LPDP sudah habis.

7. Jika pernah menempuh studi tetapi tidak menyelesaikan studi pada program magister dapat mendaftar Beasiswa LPDP di jenjang studi yang sama, dengan melampirkan surat pemberhentian sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut.

8. Melampirkan surat rekomendasi (berbahasa Inggris) yang diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa. Surat rekomendasi dapat disampaikan melalui online form dan offline form:

Secara online form dengan menginput data pemberi rekom melalui aplikasi pendaftaran, terdiri dari nama pemberi rekom, instansi, jabatan, email aktif dan nomor handphone.

Setelah itu, LPDP mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan rekomendasi yang kemudian dikirimkan (submit) kepada LPDP.

Secara offline form (unggahan), ditandatangai pemberi rekom, dokumen diunggah pada aplikasi pendaftaran dan mengisi data bulan dan tahun surat tersebut diterbitkan atau ditandatangani.

9. Pendaftar berstatus PNS dan CPNS, harus melampirkan surat usulan/rekomendasi saat mendaftar, paling tidak dari pejabat setingkat eselon II, membidangi pembinaan/ pengembangan SDM pada Lembaga atau pemda tempat bekerja.

Rekomendasi mengikutsertakan pendaftar dalam program beasiswa LPDP, serta mencantumkan nama lengkap dan NIP pendaftar.

10. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan prodi sesuai ketentuan LPDP.

11. Beasiswa hanya untuk kelas regular/kelas lain yang ditetapkan LPDP.

12. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.

13. Menulis profil diri (dalam Bahasa Inggris) termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan (tidak lulus) pada aplikasi pendaftaran.

14. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia (dalam Bahasa Inggris).

15. Jika mempunyai publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi, pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.

16. Beasiswa hanya untuk Program Master pada program studi bidang blue economy, green/renewable energy, dan digital/ information technology sesuai daftar perguruan tinggi dan bidang studi yang ditentukan LPDP.

17. Memenuhi ketentuan usia maksimal 42 tahun pada 31 Desember di tahun pendaftaran.

18. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (Diploma Empat/D4 atau Sarjana/S1) minimal 3,00 pada skala 4,00, atau yang setara, dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.

Bagi pendaftar lulusan D4 dari studi lanjutan D3, wajib menyertakan transkrip yang memuat seluruh proses studi D3 dan D4.

19. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan Bahasa Inggris, berlaku paling lambat pada 2 tahun terakhir, terhitung sampai dengan tanggal pengumuman hasil sanggah pada periode pendaftaran berjalan (8 Oktober 2024).

Sertifikat diterbitkan oleh ETS atau IELTS dengan memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris:
  • PTE Academic 58 (tanpa skor keterampilan komunikasi kurang dari 50),
  • TOEFL iBT® 84 (dengan minimal 21 di semua sub-tes), atau
  • IELTS™ 6,5 (tanpa band kurang dari 6,0).

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP-AAS

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit tepat waktu pada aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Pengisian Profil Diri, Essai, dan Surat Rekomendasi pada aplikasi ditulis dalam Bahasa Inggris.
Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code