Beasiswa YSEALI Professional Fellows 2025, Pertukaran ke Amerika Serikat Fully Funded

Beasiswa YSEALI Professional Fellows 2025, Pertukaran ke Amerika Serikat Fully Funded
YSEALI Professional Fellows 2025

Guru
madrasah.com - Skema Beasiswa YSEALI Professional Fellows Program (YSEALI PFP) merupakan program pertukaran yang sepenuhnya didanai oleh U.S. Department of State’s Bureau of Educational and Cultural Affairs. YSEALI PFP memberikan kesempatan bagi para pemimpin muda dari Asia Tenggara untuk menghabiskan waktu 5-6 minggu di Amerika Serikat agar mendapatkan pengalaman kerja yang relevan di organisasi sektor nirlaba, publik, atau swasta. Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu Beasiswa YSEALI PFP?

Beasiswa YSEALI PFP merupakan program pertukaran pengembangan profesional bagi para pemimpin komunitas terbaik dari Asia Tenggara yang bekerja di bidang keterlibatan sipil, manajemen LSM, pemberdayaan ekonomi, tata kelola, proses legislatif, serta manajemen lingkungan dan sumber daya alam. YSEALI PFP memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengikuti fellowship selama satu bulan di perusahaan-perusahaan, organisasi nirlaba, institusi, dan kantor pemerintah yang ada di Amerika Serikat. Fellows akan bekerja sama dengan para pemimpin komunitas untuk meningkatkan keahlian praktis, keterampilan kepemimpinan, dan kontak profesional mereka guna menangani berbagai isu di komunitas asal mereka.

YSEALI PFP akan dilaksanakan secara hybrid, meliputi kegiatan virtual dan pertukaran tatap muka tentatif di Amerika Serikat. Pelamar harus mempunyai jaringan internet yang baik untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan virtual.
 

Waktu Pelaksanaan Program

Peserta dapat berpartisipasi pada salah satu siklus program berikut:
 

1. Cycle 1

  • Kegiatan virtual dilaksanakan pada bulan Februari 2025, dengan 1 sesi live per bulan selama program berlangsung.
  • Pertukaran tatap muka yang dilaksanakan di Amerika Serikat dijadwalkan pada tanggal 28 April s/d 4 Juni 2025 (tentative).
 

2. Cycle 2

  • Kegiatan virtual dilaksanakan pada bulan Juni 2025, dengan 1 sesi live per bulan selama program berlangsung.
  • Pertukaran tatap muka yang dilaksanakan di Amerika Serikat dijadwalkan pada tanggal 22 September s/d 29 Oktober 2025 (tentative).
 

Cakupan Beasiswa

  1. Gratis biaya pendaftaran
  2. Biaya perjalanan internasional termasuk tiket pesawat
  3. Biaya visa
  4. Biaya hidup di USA
 

Kegiatan yang Akan Dilaksanakan

Leadership and Professional Development Curriculum

  • Program akan dimulai dengan peluncuran program virtual untuk memberikan gambaran umum tentang kegiatan virtual.
  • Peserta akan berpartisipasi dalam program Leading Change, sebuah kursus kepemimpinan online yang dirancang untuk memperkuat kompetensi dalam aksi komunitas, kepemimpinan, manajemen, dan literasi media.
  • Peserta akan mengikuti Program Mentor Alumni secara virtual yang dipersonalisasi untuk mendapatkan bimbingan sebelum, selama, dan setelah program, serta untuk memfasilitasi integrasi mereka ke jaringan alumni yang lebih luas.
  • Peserta akan mengikuti sesi pengembangan profesional dengan para pakar dari USA sebelum keberangkatan untuk program tatap muka/offline di AS.

Professional Fellowship Institute

  • Peserta akan berpartisipasi dalam Orientasi Pra-Keberangkatan secara virtual serta orientasi kedatangan dan studi tur profesional di salah satu kota di USA.
  • Peserta akan menghabiskan empat minggu mengikuti fellowship offline yang dilaksanakan di USA.
  • Peserta akan berpartisipasi dalam layanan komunitas di USA
  • Peserta akan mengembangkan proposal Rencana Aksi Lanjutan untuk menyelesaikan proyek yang memenuhi tujuan spesifik berdasarkan partisipasi mereka dalam Program YSEALI Professional Fellows.
  • Pengalaman dengan host family di USA.

YSEALI Fellows Forum (YFF)

  • Di akhir program, peserta akan berpartisipasi dalam konferens YSEALI Fellows Forum (YFF).
  • YFF akan mempertemukan peserta dari keempat tema Institut untuk kesempatan networking dan kolaborasi.
  • YFF akan menghadirkan pembicara dan lokakarya untuk meningkatkan kompetensi profesional para peserta.

Kesempatan Keterlibatan Alumni

  • Peserta akan merancang Rencana Aksi Lanjutan untuk menangani tantangan yang dihadapi di komunitas asal mereka.
  • Peserta akan memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Regional Alumni Accelerator Workshops.

Tema Beasiswa YSEALI PFP

Beasiswa YSEALI Professional Fellows Program diselenggarakan di bawah 4 Tema Institut, yaitu:
 

1. Civic Engagement

Institusi yang terkait tema ini akan mendukung para profesional yang terlibat dalam manajemen non-pemerintah; pengembangan masyarakat; advokasi; pendidikan dan peningkatan kapasitas; media dan jurnalistik; hukum; pemerataan kesehatan; program dan inisiatif pemuda; serta aktivis sipil untuk populasi yang terpinggirkan.

Topik yang terkait dengan tema ini termasuk manajemen LSM; pelatihan dan pengembangan staf; manajemen sukarelawan; melakukan penjangkauan masyarakat dan hubungan masyarakat yang efektif; menciptakan kemitraan strategis dan pembangunan koalisi; resolusi konflik dan toleransi; keadilan sosial; dan program pendidikan dan advokasi.
 

2. Innovation, Entrepreneurship, and Economic Empowerment

Tema ini akan mendukung para profesional yang terlibat dalam pengembangan usaha kecil dan menengah; administrasi bisnis; pendidikan bisnis; kebijakan pembangunan ekonomi; kewirausahaan sosial; dan program pelatihan masyarakat.

Topik yang terkait dengan tema ini termasuk kewirausahaan; program pelatihan berbasis masyarakat; kompetensi global dan kesiapan kerja; peran pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi; pembangunan ekonomi berkelanjutan; dan pemberdayaan ekonomi perempuan, pemuda, minoritas, penyandang disabilitas, dan populasi yang terpinggirkan.
 

3. Society and Governance

Tema ini ditujukan bagi profesional yang berkaitan dengan bidang proses legislatif, pemerintahan di tingkat lokal atau nasional, manajemen dan administrasi publik, pembuat kebijakan, manajemen fiskal, kampanye dan inisiatif politik, layanan kesehatan dan manusia; kemitraan publik-swasta; keamanan publik; transportasi dan perencanaan kota; dan reformasi hukum dan peradilan.

Topik yang terkait dengan tema ini termasuk aturan hukum; akses terhadap keadilan; kebebasan sipil; manajemen fiskal; anti korupsi; penjangkauan dan perwakilan; serta transparansi dan akuntabilitas.
 

4. Sustainability and the Environment

Tema ini ditujukan untuk mendukung para profesional yang terlibat dalam ketahanan pangan dan air; kesehatan masyarakat; ekowisata; pengembangan inovatif dan pengelolaan sistem pertanian dan pangan, sumber daya energi, tempat tinggal, dan transportasi; tanggap bencana alam; konservasi dan pemulihan sumber daya alam; serta pengelolaan limbah.

Topik yang terkait dengan tema ini termasuk aktivisme akar rumput; kebijakan dan peraturan lingkungan; penelitian dan pembangunan berkelanjutan; perencanaan dan perkiraan; sistem berkelanjutan; tanggung jawab sosial perusahaan; dan inisiatif berorientasi pasar.
 

Persyaratan Umum Beasiswa YSEALI PFP

  1. Merupakan warganegara dan saat ini tinggal di salah satu dari 11 negara berikut: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.
  2. Merupakan pemimpin baru dalam pemerintahan, masyarakat sipil, atau sektor swasta yang menunjukkan keahlian berkaitan dengan tema yang dipilih.
  3. Saat ini sedang bekerja dengan pengalaman kerja yang relevan minimal dua tahun pada saat mengajukan pendaftaran.
  4. Berusia antara 25 s/d 35 tahun pada awal program (lahir antara 15 Agustus 1989 s/d 30 April 2000).
  5. Mandiri dan mampu bekerja secara efektif dalam lingkungan lintas budaya.
  6. Mampu mengidentifikasi tujuan atau proyek pilihan sendiri yang ingin diterapkan di tempat kerja atau masyarakat asal.
  7. Lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
  8. Menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kolaboratif.
 

Cara Mendaftar Beasiswa YSEALI PFP

  1. Untuk mendaftar Beasiswa YSEALI Professional Fellows Program, peserta dapat mengunjungi link website: https://www.ysealipfp.org/apply.
  2. Pastikan anda mendaftar sebelum batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan yaitu 17 OKTOBER 2025.
  3. Hanya peserta yang lolos seleksi yang akan mendapatkan pemberitahuan mengenai jadwal wawancara selanjutnya.
 

Kontak

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa YSEALI Professional Fellows Program dapat menghubungi kontak berikut:
E-mail: ysealipfp@americancouncils.org
Sumber Informasi Resmi: https://www.ysealipfp.org/

sumber: indbeasiswa.com


Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code