Contoh Rancangan Pembelajaran dalam Membuat Jurnal Pembelajaran dengan Prinsip UbD untuk PPG Guru Tertentu

Contoh Rancangan Pembelajaran dalam Membuat Jurnal Pembelajaran dengan Prinsip UbD untuk PPG Guru Tertentu
PPG 2024 (dok:sumateraekspres.bacakoran.co)

Guru
madrasah.com - UbD (Understanding by Design) adalah suatu pendekatan dalam perancangan pembelajaran yang dimulai dari akhir, yaitu dengan menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terlebih dahulu.

Setelah itu, baru dirancang asesmen untuk mengukur pencapaian tujuan tersebut, dan terakhir, disusun kegiatan pembelajaran yang akan membawa siswa mencapai tujuan yang diinginkan.

Struktur Jurnal Pembelajaran Berbasis UbD:

1. Identitas:

a) Nama guru : Guru A
b) Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
c) Kelas : IV
d) Semester : I
e) Tahun ajaran : 2024/2025

2. Judul Topik Pembelajaran:

Struktur Kalimat (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan)

3. Tujuan Pembelajaran:

a. Tujuan Umum: Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik dapat menyusun kalimat berdasarkan strukturnya dengan baik
b. Tujuan Khusus:

1. Siswa dapat memahami penggunaan subjek, predikat, objek dan keterangan dalam struktur kalimat dengan baik

2. Siswa dapat menyusun kalimat sederhana dengan benar.

4. Asesmen Pembelajaran:

a. Asesmen Diagnostik: Dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan mengetahui gaya belajar siswa di kelas.

Dari hasil asesmen diagnostic di kelas saya terdapat 3 macam gaya belajar yakni, gaya belajar kinestetik, auditori, dan visual.

Kemampuan awal siswa juga beragam, dari 28 siswa terdapat 3 siswa dengan kemampuan di bawah rata-rata, 15 siswa dengan kemampuan sedang, dan 10 siswa dengan kemampuan yang standar.

b. Asesmen Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa.
Saya merancang asesmen pada tujuan pembelajaran di atas dengan tiga jenis yakni, penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan saat diskusi kelompok atau presentasi.

1. Penilaian Sikap
Indikatornya mencakup dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Esa, Berakhlak Mulia, mandiri, gotong royong, berkhebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif

2. Penilaian Pengetahuan
Indikatornya, jika siswa dapat memahami penggunaan subjek mendapat poin 70, memahami penggunaan subjek dan predikat mendapat poin 80, memahami penggunaan subjek predikat, dan objek mendapat poin 90, memahami penggunaan subjek, predikat, objek dan keterangan mendapatkan poin 100.

Indikator siswa dapat menyusun kalimat, yakni jika siswa berhasil menyusun kalimat berupa subjek dan predikat mendapat poin 80, siswa berhasil menyusun kalimat berupa subjek, predikat, dan objek mendapatkan poin 90, dan berhasil menyusun kalmat dengan lengkap, mendapatkan poin 100.

3. Penilaian Keterampilan
Indikatornya terdiri dari berperan aktif dan tidak aktif dalam diskusi kelompok.
c. Asesmen Sumatif: Dilakukan pada akhir pembelajaran untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Contoh melalui, tes tertulis, tugas proyek, portofolio, dan observasi.

5. Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan Pendahuluan

  1. Guru membuka kelas dengan sapaan hangat, menanyakan kabar, dan memastikan semua siswa siap belajar. Untuk meningkatkan semangat, guru mengajak seluruh siswa melakukan yel-yel atau aktivitas pembuka yang sudah menjadi tradisi kelas.
  2. Menjelaskan Tujuan Pembelajaran
  3. Berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran.
  4. Siswa diajak melakukan aktivitas ringan atau permainan singkat untuk mencairkan suasana dan mempersiapkan diri untuk belajar.
  5. Guru melakukan absensi dan menanyakan kabar siswa secara singkat.
  6. Mengulang Materi Sebelumnya

Kegiatan Inti

  1. Guru menyiapkan materi dengan memperhatikan tiga gaya belajar siswa yang ada di kelas melalui teks bacaan, video, dan permainan tebak kata
  2. Guru meminta peserta didik untuk menjawab tebak kata secara bergantian
  3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dengan menggabungkan semua kemampuan siswa dari pemetaan kemampuan belajar siswa.
  4. Saat diskusi kelompok, siswa diminta untuk membuat susunan kalimat sederhana dengan topik sesuai dengan minat mereka masing-masing.
  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  6. Siswa yang lain untuk memperhatikan dan mengoreksi pekerjaan teman yang sedang presentasi
  7. Guru mengadakan pendampingan.

Kegiatan Penutup

  1. Guru melakukan refleksi
  2. Guru menarik kesimpulan bersama siswa
  3. Guru menyampaikan materi yang akan datang
  4. Menutup pembelajaran dengan berdo’a

Rancangan pembelajaran jurnal pembelajaran berbasis UbD di atas hanya sebagai contoh, dapat Anda kembang kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Next Post Previous Post
Add Comment
comment url
Terima kasih telah berkomentar di Blog Guru Madrasah.
  • Untuk menyisipkan Gambar, Kode, atau Kutipan silahkan klik Tab Sisipkan di atas.
  • Emoji yang bisa digunakan pada komentar :), :D, :( <3, :love dan :top
  • Berkomentarlah sesuai topik dengan baik dan sopan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Klik tombol Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code