Iklan

Logo

Raih Kesempatan Pendidikan Luar Negeri dengan Beasiswa Swedia untuk Mahasiswa Internasional (SISGP) 2025

Guru Madrasah
Monday, October 21, 2024 Last Updated 2024-10-21T01:49:58Z Views

Raih Kesempatan Pendidikan Luar Negeri dengan Beasiswa Swedia untuk Mahasiswa Internasional (SISGP) 2025
2025 Swedish Institute Scholarship (dok:scholarshipregion.com)

Guru
madrasah.com - SISGP adalah beasiswa master yang sepenuhnya didanai untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh, biaya hidup sebesar SEK 10.000/bulan, hibah perjalanan sebesar SEK 15.000, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Program beasiswa SISGP ini terbuka untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi master di Swedia. Program ini merupakan bagian dari skema penghargaan internasional pemerintah Swedia yang bertujuan untuk mengembangkan pemimpin global yang akan berkontribusi pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2030. Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia dan dikelola oleh Swedish Institute (SI).

Ada sekitar 300 beasiswa yang tersedia untuk studi master penuh waktu di Swedia pada semester musim gugur tahun 2024. Biasanya, hanya 1-2% dari total pendaftar yang mendapatkan beasiswa SISGP ini. Jadi, persaingannya lumayan ketat. So tetap semangat meraih kesempatan ini 💪😅.

Program yang Disediakan

  1. Ilmu Komputer
  2. Teknik Biomedis
  3. Arsitektur
  4. Fisika
  5. Studi Bisnis
  6. Ekonomi
  7. Kimia
  8. Pariwisata


Manfaat Beasiswa SISGP berupa:

  1. Biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke universitas di Swedia oleh Swedish Institute.
  2. Biaya hidup sebesar SEK 10.000/bulan.
  3. Hibah perjalanan sebesar SEK 15.000.
  4. Asuransi terhadap penyakit dan kecelakaan.
  5. Keanggotaan di Jaringan SI untuk Calon Pemimpin Global di masa depan (NFGL) – platform untuk mengembangkan diri secara profesional dan membangun jaringan kamu selama di Swedia.
  6. Keanggotaan di Jaringan Alumni SI setelah periode beasiswa – platform untuk terus berjejaring dan mengembangkan karier profesional.

Persyaratan

  1. Bahasa Inggris (English) sebagai bahasa yang digunakan.
  2. Kamu harus warga negara dari negara yang memenuhi syarat untuk program beasiswa ini. Negara-negara yang memenuhi syarat termasuk Armenia, Azerbaijan, Bangladesh, Bolivia, Belarus, Brazil, Cambodia, Cameroon, Colombia, Ecuador, Egypt, Ethiopia, Gambia, Georgia, Ghana, dan banyak lagi.
  3. Pengalaman kerja minimal 3.000 jam yang terverifikasi.
  4. Pengalaman kepemimpinan dari pekerjaan saat ini atau sebelumnya.
  5. Kamu harus dapat mengikuti prosedur penerimaan universitas di Swedia, termasuk pembayaran biaya kuliah dan diterima di salah satu program master yang memenuhi syarat sebelum 3 April 2025.
  6. Kamu harus memegang kewarganegaraan dari negara yang memenuhi syarat.
  7. Jika memiliki dua kewarganegaraan yang memenuhi syarat, kamu hanya dapat memilih salah satu saat mendaftar beasiswa SI. Jadi, hanya bisa mengajukan satu program beasiswa SI saja. Pendaftar yang mengajukan lebih dari satu program beasiswa SI dengan dua kewarganegaraan akan didiskualifikasi.
  8. Program studi master yang dipilih harus memenuhi syarat untuk beasiswa SI.


Panduan Pendaftaran

  1. Ajukan pendaftaran untuk program studi master di [universityadmissions.se](https://www.universityadmissions.se/intl/start) antara 17 Oktober 2024 hingga 16 Januari 2025. Hanya program studi master yang ada di [daftar program studi master](https://si.se/app/uploads/2017/10/updated.-sisgp_eligible_master_programmes_2024_2025.pdf) yang memenuhi syarat untuk SISGP.
  2. Pastikan mengajukan paling banyak empat program studi master yang memenuhi syarat di [universityadmissions.se](https://www.universityadmissions.se/intl/start) sebelum 16 Januari 2025.
  3. Setelah mengajukan pendaftaran ke program studi master di [universityadmissions.se](https://www.universityadmissions.se/intl/start), kamu akan mendapatkan nomor aplikasi pribadi berupa delapan digit. Simpan nomor tersebut karena kamu akan membutuhkannya saat mendaftar SISGP.
  4. Batas waktu untuk pembayaran biaya pendaftaran dan pengiriman dokumen pendukung yang diminta oleh University Admissions adalah 10 Februari 2025. Biaya pendaftaran ini tidak dapat dikembalikan.
  5. Jika kamu melewati batas waktu atau tidak mengikuti prosedur pendaftaran yang ditentukan oleh University Admissions, kamu tidak akan memenuhi syarat untuk menerima beasiswa SI. Harap diingat bahwa prosedur pendaftaran beasiswa SI dan penerimaan universitas memiliki perbedaan.
  6. Ajukan beasiswa SI antara 10 hingga 28 Februari 2025 dengan mengikuti petunjuk berikut ini:
    • Saat kamu telah mengajukan pendaftaran untuk program studi master, kamu dapat mengajukan beasiswa SI. Temukan informasi lebih lanjut tentang [dokumen dan formulir yang diperlukan](https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/#requireddoc) di atas.
    • Selama periode pendaftaran 10-28 Februari 2024, kirimkan dokumen yang diperlukan secara digital melalui portal pendaftaran online.
    • Portal pendaftaran online akan dibuka mulai pukul 00.00 CET pada tanggal 10 Februari 2025 hingga pukul 23.59 CET pada tanggal 28 Februari 2025.
  7. Dokumen yang diperlukan antara lain:
    • Surat motivasi: kamu harus menggunakan formulir SISGP untuk surat motivasi 2025/2026.
    • Curriculum Vitae (CV): kamu harus menggunakan template SISGP untuk CV, dan CV tidak boleh melebihi jumlah halaman yang ditentukan dalam template.
    • Dua surat referensi yang berbeda: kamu harus menggunakan formulir SISGP untuk surat referensi. Minimal satu surat referensi harus berdasarkan pengalaman kerja kamu. Akan menjadi nilai tambah jika surat referensi kedua berdasarkan keterlibatan kamu dalam jaringan atau organisasi masyarakat sipil di luar pekerjaanmu. Surat-surat tersebut harus ditandatangani oleh pemberi referensi dan distempel dengan cap resmi organisasi yang dirujuk atau kantor notaris. Formulir harus diketik, kemudian dicetak, ditandatangani, dan distempel; lalu diunggah sebagai satu file PDF.
    • Bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan: kamu harus menggunakan formulir SISGP untuk bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan. Formulir pengalaman kerja dan kepemimpinan harus ditandatangani oleh pemberi referensi dan distempel dengan cap resmi organisasi yang dirujuk atau kantor notaris. Formulir harus diketik, kemudian dicetak, ditandatangani, dan distempel; lalu diunggah sebagai satu file PDF.
    • Salinan paspor: data pribadi, termasuk nama, kewarganegaraan, dan foto harus terlihat jelas. Salinan paspor harus dimasukkan bersama dengan CV sebagai halaman terakhir. Pastikan kamu memiliki salinan paspor yang valid untuk disertakan.

Catatan Tambahan

  1. Pemberitahuan dari universitas akan diberikan pada 21 Maret 2025.
  2. Pengumuman 300 penerima beasiswa SI yang berhasil akan dilakukan pada 25 April 2025.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP), kunjungi [situs web resmi](https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/). 
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Artikel Terkini

CPNS

+
Close x