Iklan

Logo

Selamat, Inilah 18 Operator EMIS Peraih Anugerah User Champion Tahun 2024, Ini Daftarnya

Guru Madrasah
18 October 2024 Last Updated 2024-10-18T00:11:58Z Views

Selamat, Inilah 18 Operator EMIS Peraih User Champion Tahun 2024, Ini Daftarnya
User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 (dok:kemenag.go.id)

Guru
madrasah.com - Melansir dari laman kemenag.go.id bahwasannya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) mengumumkan User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024. Ada 18 operator EMIS yang terpilih dan meraih predikat User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024.

Penganugerahan digelar berlangsung di Jakarta, Kamis (17/10/2024). Para penerima penghargaan ini dipilih melalui seleksi lebih dari 500 operator dari seluruh Indonesia, berdasarkan bukti kerja, inovasi, serta dedikasi mereka dalam menularkan praktik baik dalam mengelola data EMIS kepada rekan-rekannya.

EMIS singkatan dari Education Management Information System. Ini adalah sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk mendukung kebutuhan perencanaan dan pengambilan kebijakan di bidang Pendidikan

Anugerah User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 ini merupakan kali kedua yang diadakan Kementerian Agama. Ajang ini sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen dan konsistensi para operator EMIS dalam mendorong penyediaan data Pendidikan Islam yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penghargaan tahun ini selain kategori Madrasah, juga mencakup kategori Pondok Pesantren (PD-Pontren) dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga satuan pendidikan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Abu Rokhmad menekankan pentingnya peran User Champion sebagai pilar utama dalam mewujudkan data berkualitas yang menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan, evaluasi, dan monitoring kemajuan akses serta kualitas Pendidikan Islam.

"Education Management Information System atau EMIS, yang telah dikembangkan sejak 1998, kini memasuki tahun ke-26. Selama lebih dari dua dekade, Kementerian Agama telah melakukan berbagai pengembangan hingga tercipta EMIS 4.0, yang kini diakui sebagai sistem data yang tidak hanya ramah pengguna, tetapi juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan di bidang Pendidikan Islam nasional,” ujar Prof. Abu Rokhmad.

Ia juga menegaskan bahwa pengembangan EMIS akan terus berlanjut, dengan rencana integrasi dalam sistem manajemen big data. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan layanan publik melalui optimalisasi data dan informasi, didukung oleh peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) User Champion, serta perencanaan dan pengambilan keputusan berbasis data yang akurat.

Sekretaris Ditjen Pendis, Abdul Rouf yang turut hadir dalam acara tersebut, menambahkan bahwa penguatan kapasitas, profesionalisme, dan rasa kepemilikan terhadap EMIS sangat penting dalam mendukung pengelolaan data yang berkualitas. Dalam upaya ini, Kementerian Agama menyelenggarakan Kompetisi User Champion EMIS 4.0 Teladan. Nasional untuk mencari individu-individu unggul yang dapat menjadi teladan dalam pengelolaan data pendidikan Islam.

"Seleksi yang berlangsung dari 4 Agustus hingga 20 September 2024 berhasil menarik partisipasi User Champion dari seluruh Indonesia, dari Barat hingga Timur. Melalui proses seleksi ketat, kami memilih 80 finalis dari berbagai kategori dan tingkatan. Dari finalis tersebut, kami menetapkan 18 pemenang yang menunjukkan dedikasi tinggi dan komitmen terhadap kualitas data yang lengkap, tepat, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Rouf.

Ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam mempertahankan kinerja dan inovasi User Champion, tidak hanya di tingkat Madrasah dan PD-Pontren, tetapi juga di sektor pendidikan tinggi Islam, serta pendidikan agama lainnya yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

“Harapan kami, ajang kompetisi dan penghargaan ini dapat terus berlanjut dan direplikasi dalam program-program lain yang melibatkan User Champion EMIS. Penghargaan ini menjadi pengalaman berharga bagi para finalis serta memperkuat solidaritas mereka dalam mendukung peningkatan kualitas data Pendidikan Islam dan pencapaian tujuan manajemen perubahan,” tutupnya.

Berikut Daftar Penerima Anugerah User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024

A. Kategori Madrasah

Pemenang Tingkat Provinsi

1. M. Hafidh Alfian (Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur)
2. Nanang Kurniawan, S.Pd (Kanwil Kemenag Provinsi Daerah Khusus Jakarta)
3. Hardiansyah (Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan)

Pemenang Tingkat Kabupaten/Kota

1. Zaidul Fatmit Bahalwan (KanKemenag Kab. Seram Bagian Timur, Maluku)
2. Mujiansyah (KanKemenag Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah)
3. Rahmi Hayati, SE (KanKemenag Kab. Katingan, Kalimantan Tengah)

Pemenag Tingkat Madrasah

1. Asep Hidayat, S.Ag (MTs Syamsul Ulum Kota Sukabumi, Jawa Barat)
2. Zahrotun Nisak Nafikasari (MAS Putri Nurul Masyithoh, Kab Lumajang,Jatim)
3. Sayidatul Mutoharoh, SE,Sy (MI Quba’ Kota Denpasar, Bali)

B. Kategori PD-Pontren

Pemenang Tingkat Provinsi

1. Nurafiah (Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan)
2. Sumiyati (Kanwil Kemenag Provinsi Jambi)
3. Rivandy Mokoolang(Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo)

Pemenang Tingkat Kabupaten/Kota

1. Nuni Diyah Ansori (KanKemenag Kab. Gianyar, Bali)
2. Neneng Pertiwi, S.Psi,M.Psi (KanKemenag Kab. Bungo, Jambi)
3. Apris Jafar (KanKemenag Kota Bitung, sulawesi Utara)


Pemenang Tingkat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren

1. Haris Sopandi,S.Pd.I.,M.Pd (MDTA Al Ikhlas Kab, Bandung, Jawa Barat)
2. Ariyani (MDT Al Fattaah, Kab. Sleman, DI. Yogyakarta)
3. Lia Amelia (Tarbiyatul Muta’alimin Al Islamiyyah (TMI) PPs Al Basyariah, Kab Bandung, Jawa Barat)

sumber: kemenag.go.id

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Terkini Lainnya

CPNS

+
Close x